Saturday, February 28, 2015

Tukang Begal Fesbuk







   Pernahkah kalian sebagai pengguna facebook mengalami akun kalian dihack seseorang? atau pernahkah kalian menemukan seseorang mengaku seorang hacker pro yang menawarkan jasa atau mengancam menghack akun kalian? mungkin orang tersebut adalah orang pada gambar di panel ketiga di atas.

   Gambar panel pertama itu adalah gambaran seorang hacker di mata seorang pembuat film. Hacker digambarkan sebagai orang yang keren berkelas. Entah apa yang dipikiran pembuat film yang menggambarkan seorang hacker seperti gambar tersebut. Dalam real life kalian bisa lihat gambar seorang hacker yang sebenarnya. Mereka terlihat urak-urakan, memakai pakaian apa adanya, karena situasi mereka yang jarang bertemu orang dan bahkan menghindari orang karena aktivitas mereka sebagai seorang hacker yang membutuhkan banyak waktu di depan komputer dan dalam ruangan tertutup yang aman.

   Berbicara soal istilah "hacker", "hacker" sebenarnya bukanlah yang seperti orang bayangkan, yang melakukan tindakan ilegal yang merugikan orang banyak. Tetapi hacker adalah pekerjaan legal, pekerjaan yang melakukan tindakan membuka suatu kemanaan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi dan tentunya hanya untuk dibaca dan sudah disetujui objek dari seorang hacker tersebut. Sedangkan yang dimaksud orang-orang sebenarnya adalah "cracker". "Cracker ini adalah orang yang membuka keamanan dengan tujuan mendapatkan informasi dan bahkan mengubahnya secara ilegal atau secara tanpa persetujuan pihak terkait, atau secara diam-diam. Cracker inilah yang menjadi masalah bagi publik, hal yang berbahaya yang mereka lakukan adalah mencuri uang di akun bank, atau mencuri informasi yang bersifat rahasia yaitu salah satunya informasi pemerintahaan. Cracker ini ditakuti, karena tidak semua orang menguasai dan bisa mengatasi mereka, hanya orang-orang tertentu dan orang-orang yang mempunyai kemampuan khusus dalam bidang sistem keamanan dan progaming dalam komputer atau perangkat-perangkat elektronik.

   Sisi positif dari cracker, cracker tentu tidak semuanya melakukan tindakan "mencuri" yang bermaksud jahat, tetapi ada juga yang dengan tujuan baik, walaupun masih dalam kontroversi. Salah satunya adalah Julian Assange, dia adalah seorang publisher dan jurnalis yang berbasis Hacking dan programming di situs fenomenal "Wikileaks". Dia mengambil informasi rahasia seperti informasi rahasia pemerintahan dan rahasia resep coca-cola. Fakta atau fiksi informasi yang dia beritakan di Wikileaks tidak diketahui, tetapi yang pasti dapat menimbulkan opini masyarakat. Tetapi hal ini bukan berarti tidak memungkinkan seorang peretas informasi hanya mencari sensasi, mereka bukanlah orang politik yang berniat berebut jabatan, tetapi tentu saja ada orang yang tergelitik untuk memberantas informasi-informasi yang disembunyikan yang bersifat merugikan banyak orang. Karena mereka jugalah masyarakat, apa lagi mereka cenderung orang yang anti sosial yang artinya mereka bukanlah orang yang suka memakai baju bagus untuk tampil di depan banyak orang, mereka masyarakat seperti masyarakat yang suka bermain game. atau orang-orang yang menyukai aktivitas lebih banyak dalam ruangan dari pada luar ruangan.

   Hacker di Indonesia bukanlah hacker yang mengaku hacker pro yang mengancam sana-sini untuk mengambil alih akun facebook orang dan masuk ke grup facebook grup Hacker Indonesia. Ini hanyalah anak ingusan yang benar-benar anak ingusan. Tetapi bukan berarti semua hacker di Indonesia adalah anak ingusan ini, tetapi Indonesia punya seorang hacker handal yang bahkan sudah menjadi perhatian dunia, dia adalah Jim Geovedi. Kalian bisa melihat bagaimana tingkat keahliannya di youtube yang dia menunjukkan bahwa dia bisa meretas dan bahkan mengendalikan satelit. Sekarang dia membuka usaha di Inggris usaha di bidang IT yaitu tentang jasa keamanan.

Referensi terkait:

http://en.wikipedia.org/wiki/Julian_Assange
http://en.wikipedia.org/wiki/Jim_Geovedi

No comments:

Post a Comment